Membuat 3D Model dengan Google Sketchup

Mungkin kawan-kawan sudah banyak yang kenal dengan software-software pengembang model 3 dimensi di pasaran. Namun tidak banyak yang menawarkan secara gratis. Google kembali membuat terobosan baru dengan menghadirkan Google Sketchup, yang saat ini sudah sampai versi yang ketujuh. MEmang selain yang versi freeware Google Sketchup juga menawarkan yang versi berbayar yang tentu saja fiturnya lebih lengkap.

Namun untuk yang versi freeware sudah cukup mumpuni untuk membuat model tiga dimensi yang lumayan kompleks. Sangat mudah dipakai, dengan interface yang sangat sederhana dan tools yang sangat bersahabat.


Selain menyediakan tutorial, Google juga menyediakan 3D Ware House, yaitu tempat mencari segala model 3 dimensi yang bias secara gratis kita unduh untuk melengkapi kreasi 3d kita. Dari hal yang sangat kecil seperti sendok, kran air, furnitur, sampai dengan yang rumit seperti mobil dan peralatan tempur.







Smarter 3D Buildings

Anda sudah bisa klik pada banyak bangunan 3D di Google Earth dan mendapatkan lebih banyak informasi tentang mereka. Sekarang, ketika Anda mengklik pada mereka, Anda akan memiliki lebih banyak data di sana: "Photos of dekat tempat-tempat" dan "tempat terdekat". It's a nice sedikit tweak. software Google Sketchup untuk melakukan kegiatan pemodelan 3D.Kelebihan program ini adalah pada kemudahan pengoperasian dan perangkat antar muka yang sangat intuitif





Istilah-istilah di Arcgis (5)

Data Frame
Data frame bisa terdiri dari sebuah layer atau lebih. Sebuah peta (dalam layout di ArcGIS) bisa memiliki beberapa data frame (peta utama, inset satu, inset dua, peta pembanding dan lain sebagainya). Namun pada Data View hanya satu data frame yang dapat ditampilkan pada satu waktu. Selain itu dapat mendefinisikan sebuah wilayah geografis, besaran bagian peta yang akan dipakai untuk menampilkan, sistem koordinat dan berbagai pengaturan tampilan lainnya. Secara umum, cartographer atau pembuat peta menyebutnya sebagai map body atau tubuh peta.
Data Raster
Data yang terdiri sel-sel yang disusun menurut baris dan kolom. Pada masing-masing sel tersebut tersimpan sebuah nilai tunggal. Data raster biasanya merupakan sebuah gambar (beragam warna). Nilai sel tersebut bisa juga melambangkan sesuatu yang berbeda-beda, seperti tata guna lahan. Atau melambangkan sesuatu yang berkesinambungan, seperti curah hujan dan ketinggian. Sebuah sel data raster hanya mampu menyimpan sebuah keterangan atau nilai saja. Untuk mengatasi keterbatasan ini maka digunakan beberapa band data raster yang masing-masing menampilkan keterangan yang berbeda. Contohnya citra satelit yang ditampilkan dalam komposit band Red Green Blue (RGB) yang terdiri dari 3 band data raster. Masing-masing sel pada data raster mewakili bentuk/kondisi tertentu di alam nyata. Luas wilayah yang direpresentasikan oleh sebuah sel, biasanya berbentuk bujur sangkar, disebut resolusi.
Data Spasial
Keterangan tentang lokasi dan bentukannya di permukaan bumi serta keterkaitan satu aspek dengan lainnya. Biasanya data spasial menyimpan koordinat dan topologi dari bentukan tersebut. Definisi lainnya, data spasial adalah semua data yang dapat dipetakan.


sumber :Manual_ArcGIS_Aceh_Nias_GIS_Consortium
Data Vektor
Data titik, garis atau polygon (daerah/wilayah) yang masing-masingnya dibangun atas sebuah koordinat (titik) atau kumpulan koordinat (garis dan polygon). Data tersebut mewakili benda/obyek tertentu di muka bumi. Misalnya garis yang merepresentasikan jaringan jalan.
Data View
Sebuah View atau jendela pada ArcMap dan ArcReader berfungsi untuk melihat, menampilkan, mengeksplorasi, melakukan query data-data geografis. Namun tidak dapat menampilkan keterangan selain data geografis, misalnya legenda, judul dan skala.
Data Set
Koleksi atau kelompok data-data yang berkaitan, dikumpulkan dan disimpan pada tempat yang sama.Datum Referensi yang dipergunakan untuk melakukan pengukuran permukaan bumi. Pada ilmu survei dan geodesi, datum merupakan titik referensi di permukaan bumi berikut model asosiasi yang matematis di mana penghitungan koordinat dilakukan.



Istilah-istilah di Arcgis (4)

Feature
Bentukan atau gambaran secara sederhana atas benda/fenomena/objek dipermukaan bumi yang disederhanakan sebagai titik, garis atau polygon(daerah/luasan).
Feature Class
Dalam terminologi perangkat lunak ArcGIS, adalah koleksi dari bentukan/feature geografi yang memiliki persamaan geometri (seperti hanya titik, garis atau polygon), persamaan atribut dan persamaan referensi ruangnya. Feature Class ini dapat disimpan dalam sebuah geodatabase, shapefile, coverage atau format data lainnya. Feature Class memungkinkan bentukan/feature sejenis digabungkan ke dalam satu unit untuk mempermudah penyimpanannya. Sebagai contoh, jalan utama, jalan pemukiman, jalan negara, jalan propinsi, jalan kecamatan dan lorong dapat dikelompokkan dalam satu feature class yang kita namakan jaringan jalan.
Full Extent
Digunakan pada data view untuk menampilkan sebuah atau beberapa feature secara keseluruhan.
Georeference
Menyelaraskan data geografis agar ia dapat tepat berada pada koordinat yang tepat. Sehingga data tadi dapat dilihat, dilakukan query dan dianalisa serta diperbandingkan dengan data geografis lain yang memiliki cakupan wilayah yang sama. Proses-proses georeference meliputi pergeseran, pemutaran, perubahan skala dan kadang kala dibutuhkan warping, rubber sheeting dan orthorectification.
Geodatabase
Sebuah database yang menyimpan, mengelola suatu data, informasi geografis dan data keruangan lainnya. Tujuan utama pengembangan geodatabase adalah mempermudah pengguna untuk query data. Misalnya Geodatabase Provinsi NAD yang di dalamnya berisi kumpulan data Provinsi NAD dengan berbagai feature (titik, garis, polygon)
Layer
Representasi visual dari data geografis pada peta digital. Secara konseptual sebuahlayer adalah irisan atau strata tertentu atas realitas geografis pada sebuah daerah tertentu yang kurang lebih sejenis atau mempunyai kriteria yang sama maupun mirip. Misalnya jaringan jalan, batas administrasi pemerintahan, batas kawasan taman nasional, sungai.
Layer File
Media penyimpanan sebuah layer dan menyimpan keterangan tambahan mengenai tampilan data. Format file ini *.lyr. Ini salah satu format file dalam ArcGIS untuk menyimpan layer-layer, selain disimpan sebagai shapefile, coverage atau geodatabase.
Map Tips
Sebuah tool kotak kuning yang tampil secara sekilas bila kita menggerakkan mouse pada data spasial (titik, garis dan poligon) yang tampil pada Data View. Tool ini memberi keterangan secara singkat. Untuk mengaktifkan tool ini, field yang akan ditampilkan harus diaktifkan lebih dulu.
Line
Dalam kaitannya dengan data vektor, sebuah garis adalah sebuah bentukan yang terhubung oleh dua titik atau lebih. Misalnya jalan.
Metadata
Berfungsi sebagai informasi data tersebut; kapan data tersebut dibuat, proyeksi yang digunakan, institusi yang memproduksi. Contoh, pada sebuah data tertulis 15414 yang berarti sebuah kode pos, maka angka tadi merupakan informasi yang berarti. Sebuah layer atau shapefile atau geodatabase menjadi lebih informatif jika tersedia metadata.
MXD
Pada perangkat lunak ArcGIS, bila kita menjalankan ArcMap, maka *.mxd adalah sebuah file project yang berisi sebuah peta, layout, grafik, laporan dan semua keterangan serta komponen lain pembentuk peta tersebut. Dokumen peta ini bisa dicetak atau diubah (exporting) pada dokumen lain. Misalnya menjadi format JPEG atau PDF.

sumber :Manual_ArcGIS_Aceh_Nias_GIS_Consortium


Istilah-istilah di Arcgis (3)

Pan
Salah satu tool yang digunakan untuk menggeser tampilan yang ada pada Data View untuk data frame yang aktif.
Peta Tematik
Sering juga disebut sebagai peta statistik atau peta dengan tujuan khusus/tertentu untuk menampilkan pola dari satu tema saja. Misalnya Kepadatan Penduduk, Sebaran Penyakit Malaria, Iklim, dan sebagainya.
Polygon
Secara harfiah diterjemahkan sebagai bentuk bersudut banyak. Dalam GIS istilah poligon adalah kumpulan pasangan koordinat yang menghubungkan paling sedikit tiga titik (vertex) dan titik awal bertemu dengan titik yang paling akhir dan menutup. Misalnya Batas Administrasi.
Polyline
Secara harfiah diterjemahkan sebagai garis yang saling terhubung. Pada GIS, polyline adalah garis yang terhubung satu dengan lainnya yang terpusat pada garis induk. Misalnya sungai besar yang memiliki anak sungai.
Point
Dalam kaitannya dengan data vektor, sebuah titik adalah sebuah bentukan yang memiliki koordinat X dan Y yang merepresentasikan suatu pusat atau tempat. Misalnya, Ibukota, Negara, Titik Sample.
Zoom In
Digunakan untuk memperbesar view (tampilan) yang ada dalam data frame atau peta.
Zoom Out
Digunakan untuk memperkecil view (tampilan) yang ada dalam data frame atau peta.

sumber :Manual_ArcGIS_Aceh_Nias_GIS_Consortium


Pengertian Datum

Datum geodetik atau referensi permukaan atau georeferensi adalah parameter sebagai acuan untuk mendefinisikan geometri ellipsoid bumi. Datum geodetik diukur menggunakan metode manual hingga yang lebih akurat lagi menggunakan satelit.
Parameter datum geodetik
* Parameter utama, yaitu setengah sumbu panjang ellipsoid (a), setengah sumbu pendek (b), dan penggepengan ellipsoid (f).
* Parameter translasi, yaitu yang mendefinisikan koordinat titik pusat ellipsoid (Xo,Yo,Zo) terhadap titik pusat bumi.
* Parameter rotasi, yaitu (εx, εy, εz) yang mendefinisikan arah sumbu-sumbu (X,Y,Z) ellipsoid.
* Parameter lainnya, yaitu datum geodesi global memiliki besaran yang banyak hingga mencakup konstanta-konstanta yang merepresentasikan model gaya berat bumi dan aspek spasial lainnya.
Jenis geodetik menurut metodenya :
* Datum horizontal adalah datum geodetik yang digunakan untuk pemetaan horizontal. Dengan teknologi yang semakin maju, sekarang muncul kecenderungan penggunaan datum horizontal geosentrik global sebagai penggganti datum lokal atau regional.
* Datum vertikal adalah bidang referensi untuk sistem tinggi ortometris. Datum vertikal digunakan untuk merepresentasikan informasi ketinggian atau kedalaman. Biasanya bidang referensi yang digunakan untuk sistem tinggi ortometris adalah geoid.
Jenis datum geodetik menurut luas areanya :

* Datum lokal adalah datum geodesi yang paling sesuai dengan bentuk geoid pada daerah yang tidak terlalu luas. Contoh datum lokal di Indonesia antara lain : datum Genoek, datum Monconglowe, DI 74 (Datum Indonesia 1974), dan DGN 95 (Datum Geodetik Indonesia 1995).
* Datum regional adalah datum geodesi yang menggunakan ellipsoid referensi yang bentuknya paling sesuai dengan bentuk permukaan geoid untuk area yang relatif lebih luas dari datum lokal. Datum regional biasanya digunakan bersama oleh negara yang berdekatan hingga negara yang terletak dalam satu benua. Contoh datum regional antara lain : datum indian dan datum NAD (North-American Datum) 1983 yang merupakan datum untuk negara-negara yang terletak di benua Amerika bagian utara, Eurepean Datum 1989 digunakan oleh negara negara yang terletak di benua eropa, dan Australian Geodetic Datum 1998 digunakan oleh negara negara yang terletak di benua australia.
* Datum global adalah datum geodesi yang menggunakan ellipsoid referensi yang sesuai dengan bentuk geoid seluruh permukaaan bumi. Karena masalah penggunaan datum yang berbeda pada negara yang berdekatan maupun karena perkembangan teknologi penentuan posisi yang mengalami kemajuan pesat, maka penggunaan datum mengarah pada datum global. Datum datum global yang pertama adalah WGS 60, WGS66, WGS 72, awal tahun 1984 dimulai penggunaan datum WGS 84, dan ITRF.
sumber : wikipedia

Format shape file (SHP)

Format shape file (SHP) terdiri dari 3 file hingga 5 file yang dapat mengakibatkan seorang user kebingungan, kalau dia kehilangan salah satu file. 3 file inti meliputi

1. File .DBF yang merupakan file DBASE IV,

2. File .SHX yang merupakan file index spatial

3. dan file .SHP yang menyimpan file grafis.

Personal Geodatabase pada ARCGIS 9 dapat dibuat menggunakan ArcCatalog yaitu dari File - New - Personal Geodatabase, Nah perintah ini akan menghasilkan satu file microsoft Access (*.mdb). Bila anda tertarik untuk memasukkan data grafis kedalamnya, anda harus memasukkan Spatial reference, meliputi nama dan sistem koordinat. Membuat Feature Dataset, dan memasukkan feature class. Keduanya dapat dilakukan dengan klik kanan pada personal geodatabase dan pilih - new Feature Dataset dan - new Feature Class. Pastikan bahwa feature class ini masuk kedalam feature dataset,karena bila feature class-nya diluar feature dataset berarti data grafis pada feature class tidak akan memiliki informasi koordinat. Anda harus menentukan koordinat jenis apa yang dipakai termasuk zonenya bila data grafis yang akan anda masukkan adalah terproyeksi atau menggunakan koordinat geographic dengan cara memilih file sistem koordinat.

Fitur-fitur Standart Arcmap 9.2

Fitur-fitur Standart Arcmap 9.2




Sekilas Tentang ArcCatalog


ArcCatalog adalah salah satu program dari ArcGIS yang bisa digunakan antara lain untuk menelusuri
atau mencari data (browsing), mengorganisir (organizing), mendistribusikan (distributing) dan
mendokumentasikan (documenting) suatu struktur data dalam ArcGIS.
Fungsi ArcCatalog adalah untuk browsing data. Pembuatan shortcut juga tersedia dalam ArcCatalog agar Anda dapat mengakses data dengan mudah. Arccatalog juga untuk mengeksplorasi data geografis dan atributnya, melihat dan membuat metadata, data memodifikasi properti, menambahkan dan menghapus atribut, dan link fitur geografis untuk atribut disimpan dalam tabel terpisah.
ArcCatalog menyediakan beberapa fungsi antara lain untuk menampilkan (preview), membuat dokumen dan mengatur data geografis serta membuat geodatabase untuk menyimpan data spasial dan tabular.
ArcCatalog merupakan sebuah fasilitas untuk mengatur data dalam jumlah besar yang disimpan tersebar dalam folder data GIS. Tampilan (views) data di dalam ArcCatalog sangat membantu Anda agar cepat mencari data yang Anda perlukan walaupun tersimpan dalam sebuah file, personal geodatabase dan ArcSDE geodatabase dalam jaringan RDBMS.
Anda bisa menggunakan ArcCatalog untuk mengatur dan mengelola folder dan file-file data ketika Anda membuat project database di dalam computer. Anda juga dapat membuat personal geodatabase pada komputer dan membuat atau mengimpor feature class dan tabel.
Salah satu keunggulan ArcCatalog adalah karena tersedianya metadata. Metadata adalah data yang menerangkan tentang data yang Anda maksud, seperti informasi sumber data dan status data (apakah masih dalam proses atau sudah selesai).
Pada pilihan Metadata Anda akan menemukan beberapa informasi yang lebih detail tentang data yang Anda maksud. Data ini terdapat dalam beberapa format yang telah disediakan oleh ArcCatalog. Sehingga Anda dapat menambah atau mengurangi informasi tentang data tersebut. ArcCatalog menyediakan beberapa format data, di antaranya adalah:
1. FGDC (Federal Geographic Data Commitee),
2. FGDC Classic
3. FGDC ESRI
4. FGDC FAQ
5. FGDC Geography Network
6. ISO (International Organization StAndardization)
7. ISO Geography Network

Menampilkan OpenStreetMap dan Bing Maps dalam ArcGIS Desktop

Anda bisa menampilkan data peta dari OpenStreetMap, ArcGIS Online dan Bing Maps ke dalam ArcGIS Desktop (ArcMap). Dengan sebuah ArcGIS extension yang diberi nama ArcBrutile, memungkinkan Anda untuk melakukan hal tersebut. ArcBrutile dibuat berbasiskan BruTile library.



Gambar diatas adalah contoh tampilan Kota Jakarta area sekitar Monas menggunakan ArcBrutile dengan layer dari OpenStreetmap. Sementara gambar dibawah ini adalah citra satelit dari Bing Maps untuk area yang sama. Data yang ditampilkan cukup cepat saat mengaksesnya. Tapi hal ini tentu saja bergantung kecepatan koneksi internet Anda.
ArcBrutile juga dimanfaatkan untuk melakukan pemetaan bencana di Haiti dengan mengkombinasikan peta dari ArcGIS online, OpenStreetMap dan data yang diperoleh di lapangan.



Selami Dasar Samudera Pakai Google Earth

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Pengguna Google Earth kini dapat "menjelajahi" dasar samudera di depan layar berkat tambahan fitur di layanan tersebut. Google telah merilis plugin baru agar peta penjelajahan dasar samudera bisa disaksikan lewat aplikasi itu.



Ada tujuh tema penjelajahan dasar samudera yang disediakan di Google Earth saat ini. Bagi para pengunjung Google Earth yang menggemari kehidupan bawah laut, mereka kini dimanjakan dengan tur yang dilengkapi narasi oseanografer ternama National Geographic, Sylvia Earle.


Mereka juga dimanjakan dengan koleksi video tentang keunikan alam sekitar dan kehidupan binatang laut, seperti paus bongkok dan gurita. Berbagai foto dan video kehidupan bawah laut itu disumbangkan para fotografer, naturalis, lembaga pemerintah dan non-pemerintah.

Selain itu, juga tersedia penjelajahan untuk melihat hasil-hasil penelitian dasar laut persembahan MOnterey Bay Aquarium Research Institute. Google Earth juga menyediakan peta kapal-kapal yang karam di berbagai belahan dunia, tempat-tempat penyelaman yang menarik, tempat berselancar, serta gunung-gunung bawah laut.

Sumber Kompas.com



ARCPAD software untuk Mobile GIS


GIS Mobile adalah suatu kebutuhan. Selama ini banyak kegiatan di lapangan yang menggunakan GPS, laptop/Notebook dan software GIS untuk melakukan realtime mapping. Dengan konfigurasi yang baik, pengguna akan dapat melihat posisi nya di lapangan pada peta, citra atau bentuk spatial lainnya. Dengan ini pengguna dapat melakukan mapping secara real time, pengecekan akurasi dan interpretasi langsung di lapangan. Tetapi konfigurasi sedemikian banyaknya alat yang terlibat ; GPS, Laptop dan kabel2 data dan kebl power supply membuat hal ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. ESRI telah menjawab kebutuhan tersebut dengan aplikasi Mobile GIS yang bernama ARCPAD.

Kita dapat mencoba ARCPAD pada alamat ini .Bila kita ingin mencoba maka versi trial ARCPAD ini dapat diinstal pada berbagai PDA keluaran terbaru baik yang menggunakan windows mobile 2003 atau windows mobile 5. Menilik kemampuan ARCPAD sebagai aplikasi mobile kita akan tercengang dengan berbagai kehandalannya. Kemampuan menampilkan data spatial dalam bentuk shapefile, koordinat dan proyeksi, kemampuan editing data shape, kemampuan grafis dan kemampuan menampilkan citra dalam bentuk tiff dan geo jpg. Maka seakan-akan kita memiliki arcgis dalam bentuk yang mini. Kemampuan arcpad tersebut akan jauh lebih meningkat bila handheld yang kita miliki memiliki kemampuan GPS baik internal atau eksternal.
Dengan adanya GPS yang telah dikonfigurasi untuk bekerja dengan arcpad seperti pada IPAQ 6965, maka software ini juga dapat berfungsi sebagai field mapping software, keperluan navigasi dan mobile gis sekaligus. Kemampuan tersebut jelas-jelas jauh melibihi aplikasi navigasi lain seperti mapking, nusamap dan lainnya. Arcpad ini akan mengalami peningkatan kecepatan loading data dan pengolahan data bila digunakan pada windows mobile 5 dibandingkan dengan versi sebelumnya windows mobile 2003.

Arcpad dapat diinstal dengan mudah. PDA di cradle kemudian pastikan activesync aktif dan jalankan setup yang telah didownload. satu dua klik pada layar pda akan menyelesaikan seluruh prosedur instalasi. Dan pengguna dapat langsung menggunakan arcpad ini. Bagi yang telah terbiasa dengan produk ESRI seperti ARCGIS maka hanya diperlukan waktu sedikit saja untuk menggunakan seluruh fitur pada arcpad. Tetapi bagi pemula GIS ya tetap harus belajar GIS dulu....

Bila kita menginstal sampel data, maka kita bisa langsung menampilkan data seluruh bumi dalam proyeksi mercator. Data tersebut dapat langsung kita lengkapi bila kita membuat track jalan misalnya.... Selamat mencoba..... !!!

Review World Wind NASA

Di era tahun millenium baru ini bermunculan berbagai perangkat lunak yang berusaha mewujudkan untuk memiliki semua data GIS secara menyeluruh untukseluruh dunia termasuk citra satelit resolusi tinggi, resolusi rendah hingga toponimi data, . Yang pertama terkenal adalah GOOGLE Earth, dan yang kedua yang mungkin belum cukup populer adalah NASA Worldwind. yang dapat anda download disini

Tidak perlu kemampuan seorang ahli GIS atau interpreter citra ahli untuk menerjemahkan dan menggunakan informasi pada Perangkat lunak NASA World Wind. Yang diperlukan untuk operatornya hanyalah kemampuan menggunakan mouse dan klik-sana klik sini. Perangkat lunak ini sangat user friendly dan mudah serta interaktif penggunaanya. Jika anda mencoba sekali biasanya akan terus-terusan memakai didorong oleh rasa ingin tahu anda akan nama-nama tempat yang pernah kita dengar, mirip sewaktu membuka-buka atlas zaman SD dulu.
Program ini memerlukan bandwith internet yang cukup tinggi, speks hardware yang terbaru, dan kepuasan menyeluruh bila anda selalu membayangkan bisa terbang dari orbit untuk melihat permukaan bumi. Bayangkan saja, seluruh data yang dapat ditampilkan adalah sebesar 4,3 Terabyte yang terdistribusi pada ribuan komputer yang berbaik hati menyediakan space dan bandwith untuk didownload oleh seluruh pengguna world wind di dunia. Bila anda ingin membayangkan data sebesar 4,3 terrabyte, maka jika anda menggunakan hardisk berukuran 200 GByte, maka berarti anda harus membeli 25 hardisk untuk menampung seluruh data Worldwind. Tetapi untunglah bahwa anda tidak harus mendownload seluruh data worldwind ini. Saat program ini selesai diinstall,maka tampilan awal adalah bumi dengan resolusi rendah dan mirip dengan melihat globe 3 dimensi pada layar komputer.

Program ini hanya akan mendownload area yang di zoom hingga batas tertentu. Bila anda hanya tertarik untuk analisis sumber daya alam maka data landsat NLT adalah data yang paling tepat mengingat waktu download yang cukup cepat untuk ukuran Indonesia. Pada aplikasi memang terdapat icon USGS DigitalPhoto 1 meterdan USGS Urban Area 1 meter, tetapi penulis hingga saat ini belum mendapatkan sedikit pun bagian citra 1 meter ini. Mungkin waktu downloadnya yang besar untuk ukuran bandwith Indonesia atau mungkin memang di restrict.... hal ini harus di selidiki..... :p Pencarian tempat sangat mudah dilakukan. Cukup klik nama maka lokasi dengan nama tersebut akan muncul di layar langsung di pan dan di zoom.

Citra yang ditampilkan cukup detil. dapat melihat bandara internasional sukarno hatta di cengkareng dengan cukup baik untuk resolusi landsat 30 meter. Bahkan bila didetilkan lagi maka cukup banyak jalan yang dapat diperkirakan pada kenampakan garis. Akibat mengumpulnya permukiman pada lokasi tersebut membentuk pola garis. Bila fasilitas pencarian dan tampilan landsat 2D yang memukan belum cukup untuk anda, maka anda bisa mencoba tampilan 3D asalkan mouse anda mendukung klik kanan, dan didrag, maka kenampakan tiga dimensi yang "dramatik",meminjam istilah NASA, akan segera muncul jika zoomnya cukup besar. Pemandangan 3D ini sangat terasa dan mirip sekali jika anda naik pesawat terbang dan kemungkinan saat akan mendarat, atau melihat gunung-gunung tinggi dari langit.

ArcGIS itu apa ?

Waktu awal-awal keluar dulu belum ada bayangan tentang perangkat ArcGIS ini. Apa sih sebenarnya ArcGIS itu??. Kadang orang yang sudah menggunakan saja kesulitan menjelaskan.Ada yang bilang ArcGIS itu gantinya ArcView, ada juga yang bilang ArcGIS itu penyempurnaan ArcView, ada juga yang bilang ArcGIS itu turunan Arc/Info yang legendaris itu tetapi khusus bekerja di workstation.

ArcGIS is an integrated collection of GIS software products for building a complete GIS. ArcGIS enables users to deploy GIS functionality wherever it is needed in desktops, servers, or custom applications; over the Web; or in the field.(ESRI.Com)
Jadi kata-kata orang tentang ArcGIS yang di atas tadi ternyata kurang tepat untuk menjelaskan jatidiri ArcGIS. Soalnya menurut empunya yang membabar ArcGIS itu sendiri telah menjelaskan bahwa ArcGIS itu adalah sebuah kumpulan produk perangkat lunak yang terintegrasi untuk mengoperasikan GIS yang Komplit.Nah dengan ArcGIS ini para pengguna dapat menggunakan fungsi GIS diplatform desktop, server hingga ke web (jaringan). Terlalu banyaknya maka si ahlinya ArccGIS mendefinisikan ArcGIS framework.
ArcGIS Framework
1.Desktop GIS, ini isi pokoknya adalah ArcReader, ArcView, ArcEditor, ArcInfo. Fungsinya untuk membuat, menyusun peta, editing, analysis, mencetak hasilnya. Semua fungsi GIS basic ada di framework ini.
2.Server GIS, isinya ArcGIS server, ArcIMS, ArcSDE. ArcGIS server adalah aplikasi untuk membangun server GIS, ArcIMS untuk publikasi peta. Data ke Web menggunakan standard protokol internet yang telah ada sekarang (TCP/IP). ArcSDE adalalah server basisdata spatial atau DBMSnya. Nah kalo diaplikasi server umum, ArcGIS server itu ibarat MS Windows Advance Server 2003, kemudian ArcIMS itu seperti Apache atau IIS yang duduk sebagai web servernya dan ArcSDE itu duduk seperti Oracle atau MySQL
3.Developer GIS isinya rekan-rekan yang mengembangkan, yang melakukan costumize perangkat GIS yang tergabung dalam ESRI Developer Network (EDN). Mereka-mereka itu akan memperoleh ArcGIS Engine Developer Kit, ArcGIS server, ArcIMS, ArcSDE dan ArcWeb Services dengan lisensi yang berakhir sesuai dengan masa keanggotaan EDN-nya.
4.Mobile GIS, yang ini isinya ArcPad. ArcGIS Desktop dan ArcGIS engine yang “berjalan” dilaptop dan Tablet PC biar bisa dibawa jalan-jalan waktu survey atau cek lapangan. Isinya tidak sekomplit ArcGIS desktop yang dijelaskan di point 1 dong. Wong intinya biar tetap bisa ber-GIS waktu di lapangan kok.
5.GIS Web Services. Isinya ArcWeb Services untuk membuat aplikasi yang berbasis web , bisa dijalankan di ArcGIS.

Jelas sudah seluk beluk ArcGIS secara umum.Agaknya ESRI.com telah mendefinisikan framework ArcGIS itu dengan sangat baik. Sehingga di setiap framework itu telah dibuatkan peralatan khusus yang cocok dan pas dengan kebutuhan. Sesuai dengan harganya deh. Mungkin ”prinsip ada uang ada barang” digunakan juga oleh produsen software GIS itu. Soalnya produk-produk itu semua harganya mahal sekali license-nya.

Sumber : www.esri.com


Citra Satelit GeoEye Kota Manado Terbaru di Google Earth

Bulan Februari ini, Google telah mengupdate image di Google Earth dan Google Maps. Untuk Indonesia, Kota Manado mendapatkan citra satelit GeoEye terbaru hasil rekaman tanggal 27 November 2009. Lihat hasil capture saya pada gambar diatas.
Google menyediakan file KMLyang bisa di download untuk melihat update image terbaru di Google Earth pada Februari ini. Anda juga bisa melihatnya melalui Google Maps. Update image terbaru ditandai dengan garis warna merah.



Virtual Earth Dengan Daya Jelajah Yang Baru

Virtual Earth buatan Microsoft ini secara terus-menerus berkembang dengan menambahkan wilayah-wilayah yang belum pernah dijelajahinya. Microsoft bekerja sama dengan ESRI dalam pembuatan Virtual Earth yang merupakan komponen dari the ESRI ArcGIS Online Services, S.J Camarata sebagai Direktur Corporate Strategies di Esri. ArcGIS DesktopGetting to Know ArcGIS Desktop: For Version 9.3 dan ArcGIS ServerGIS for Web Developers: Adding 'Where' to Your Web Applications menjembatani Virtual Earth dalam penggunaan peta digital yang dapat mengubah gambar sesuai ukuran yang diinginkanya, hal tersebut diciptakan oleh perusahaan Redmond.



"Microsoft dan ESRI mempunyai perjalanan sejarah panjang terhadap sistem informasi geografis”, kata Erik Jorgenson seorang vice president Microsoft. Dengan adanya kemitraan ini, ArcGIS 9.3 Desktop akan menyediakan fitur Virtual Earth yang lebih sempurna, dapat menambahkan maupun mempublikasikan peta aerial dan hybrid, sama seperti pengarang dapat mengedit dan menganalisa data.

"Pengintegrasian dari Virtual Earth dan ArcGIS 93 pada kedua aplikasi desktop dan platform level memungkinkan para pemakai mendapatkan pengelihatan yang maksimum, menganalisa, memahami, mengintepretasikan dan pengelihatan data geografi. Disediakan juga software baru dengan adanya tambahan servis yang disediakan bagi pelanggan-pelanggan kami”, kata Jorgenson menambahkan.

Camarata mengungkapkan bahwa ArcGIS 9.3 Desktop ingin memakai teknologi hybrid dan pemetaan jalan sama seperti gambar vertikal yang disediakan kepada para pengguna dari Virtual Earth. Perusahaan Redmond menginformasikan bahwa fiturnya menggunakan servis dengan ijin akses dari ArcGIS Online Virtual Earth Map Services dari ArcGIS Server.

"Versi 9.3 akan diluncurkan, Virtual Earth akan menyediakan layer premium, pada layer tersebut anda dapat menseleksi data jalan, menggunakan resolusi tinggi dengan aerial photography dan Bird's Eye imagery. ESRI ArcGIS menggunakan pengkodean JavaScript pada Virtual Earth dan bekerja langsung dengan kontrol JavaScript. Berita baiknya saat ini pada ESRI ArcGIS Desktop 9.3, anda akan menikmati pengelihatan yang maksimum pada Virtual Earth”, hal ini diinformasikan oleh Chris Pendleton seorang teknikal dari Virtual Earth.

sumber : http://www.beritanet.com/Hardware/Software/Virtual-Earth-Daya-Jelajah-Yang-Baru.html

Citra Layer untuk Gempa haiti telah dirilis

Google telah bekerja sama dengan GeoEye selama 24 jam untuk mendapatkan citra baru dari Haiti untuk membantu upaya pertolongan bantuan. Mereka baru saja merilis sebuah file File KML. Anda harus memiliki GE diinstal. Untuk itu, yang mendorong Anda untuk men-download. File sebenarnya adalah link jaringan, sehingga Google dapat mendorong citra tambahan kepada Anda tanpa harus melepaskan KML lain.



Haiti Gempa



Gambaran yang sangat tajam, dan menunjukkan beberapa adegan menakjubkan aa seperti lapangan sepak bola berubah menjadi a make-shift kamp (ditampilkan di atas), dan asap terus mengepul keluar dari beberapa bangunan.

Google telah melakukan hal serupa di masa lalu, dengan peristiwa-peristiwa seperti Cyclone Myanmar atau Badai Katrina.

Di samping file KML, Google telah membentuk sebuah respons krisis halaman untuk gempa bumi dengan banyak informasi. Secara khusus, mereka yang mampu didorong untuk memberikan sumbangan untuk membantu membangun kembali kehidupan dan masyarakat.

Telanjang Habis di Bawah Satelit

Monas Dari Udara (Ikonos)DUNIA sudah telanjang. Begitulah ungkapan pakar teknologi pengindraan jauh, Dr. Indroyono Soesilo. Ia lalu membuka komputernya, dan menunjukkan gambar pangkalan Angkatan Laut di Surabaya dari satelit milik Prancis Spot-5 dengan resolusi lima meter. Tampak pool galangan kapal PT PAL yang disandari beberapa kapal perang TNI Angkatan Laut.



Gambar-gambar di ''wilayah sensitif'' juga ada. Gambar Istana Negara yang diambil satelit milik swasta Amerika, Ikonos, dan Monumen Nasional menjelang dilangsungkan acara takbiran akbar yang dijepret dengan resolusi satu meter. Resolusi satu meter itu artinya, sebuah benda bisa dilihat jelas bila berukuran minimal satu meter persegi. Jadi, mobil kepresidenan yang sedang diparkir di istana bisa dilihat dari langit. Cuma dengan sekali klik, koordinatnya diketahui.
Dalam serangan Amerika ke Irak, tiga-empat bulan lalu, salah satu kunci keberhasilan bombardir agresor adalah tersedianya peta. Bom-bom pintar Amerika, dengan bimbingan satelit global positioning system, dari ketinggian ribuan meter, bisa tepat menghancurkan Istana Saddam Hussein.

Selama perang tersebut, kata Indroyono, ada tiga satelit sipil yang bisa memberi gambar bagus. Yakni: satelit Quickbird (yang resolusinya 70 cm), Ikonos (resolusi satu meter), dan Spot-5 (resolusi lima meter). Satelit ketiga milik Prancis, dua lainnya milik swasta Amerika Serikat.

Peta-peta digital itu kini dijajakan bebas di internet. Hasil jepretan Quickbird bisa dilongok di situs http://www.digitalglobe.com, Ikonos ada di http://www.spaceimaging.com, dan Spot dijajakan perusahaan swasta Prancis, Istar, http://www.istar.com.

Peta-peta itu memang dijual untuk tujuan damai. Misalnya perencanaan kota, pengendalian banjir, penambangan mineral, minyak bumi, pengawasan hutan, atau tata guna lahan pertanian. Istar lebih khusus menyediakan peta-peta itu untuk perencanaan jaringan telepon seluler.


Ikonos (M�la Encyklopedie Kosmonautiky)Menurut Sebastien Hermil, Manajer Regional Asia Pasifik Istar, saat ini ia baru punya tujuh pelanggan di Indonesia. Semuanya terkait urusan telepon seluler. Apakah militer Indonesia menggunakan data Istar? ''Untuk tujuan militer, saya tidak bisa bicara,'' katanya saat pameran IITELMIT, awal Mei lalu, di Jakarta.

Yang jelas, lanjutnya, semua orang bisa mendapat peta-peta Istar lewat internet. Di situsnya, Istar menjajakan peta 2.000 kota di lebih dari 100 negara. Resolusinya bervariasi, mulai 100 meter hingga 25 cm. Di situ dijajakan peta 30 kota besar, dari Banda Aceh, Manado, Bogor, sampai Madiun.

Harga yang ditawarkan Istar lumayan mahal. Peta Jakarta, misalnya, seluas 1.600 kilometer persegi dengan resolusi 20 meter, dijual seharga US$ 9.500 (sekitar Rp 80 juta). Harga lebih murah ditawarkan Ikonos. Untuk resolusi satu meter dijual US$ 4 per kilometer persegi. ''LandSat sekarang sedang banting harga,'' kata Indroyono kepada Eric Samantha dari GATRA. Gambar yang umurnya sudah dua tahun, dengan luas 180 kilometer persegi, dijual LandSat hanya US$ 50 (sekitar Rp 450.000).

Meski untuk tujuan damai, kemampuan satelit-satelit itu lebih dari cukup untuk keperluan militer. Untuk pertahanan dan keamanan, peta hasil satelit ini digunakan untuk empat hal. Pertama, surveyland, untuk mengetahui adanya gunung, lembah, sungai. Kedua, recognition, ini lebih detail lagi, untuk mengetahui ketinggian gunung dan kedalaman lembah.

Ketiga, detection, untuk mengetahui di lereng gunung itu ada sebuah kampung. Lalu di kampung itu ada rumah, jalan, sawah, jembatan, dan sebagainya. Terakhir untuk identification. Satelit jenis ini bisa mengetahui sawah itu ditanami padi, jagung, atau kacang panjang. Makin detail informasi yang dibutuhkan, makin tinggi resolusi yang dihasilkan satelit tersebut.

Foto Dubai Dari Satelit (Space Imaging)Pada 1990, menurut Indroyono, satelit-satelit sipil hanya mampu menyurvei daratan dan pengenalan lapangan. Namun, sekarang satelit sipil bisa dipakai untuk pengidentifikasian. ''Satelit sipil saja sudah bisa, bayangkan satelit mata-mata militer mereka,'' katanya.

Apakah ada cara untuk berlindung dari intaian satelit-satelit itu? ''Tidak. Dengan informasi satelit, Indonesia memang sudah telanjang,'' kata Rudolf Wennemar Matindas, Kepala Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal).

Bakosurtanal juga menjajakan peta Indonesia, baik berupa buku maupun lewat situs internet. Tapi, sebagai lembaga resmi pemerintah, Bakosurtanal lebih hati-hati memberikan foto daerah dan lapangan udara militer. ''Tidak semua kami kasih ke publik. Daerah tertentu bisa kami kamuflase menjadi kebun,'' kata Matindas.


Perusahaan swasta asing tentu tidak memiliki batasan serupa. Gambar-gambar istana Saddam Hussein, lokasi pembangkit nuklir Iran Busherh, hasil jepretan Quickbird dan Ikonos, bisa di-download di situs mereka.

''Kalau punya uang, tinggal klik dan download,'' kata Indroyono, insinyur teknik geologi dari ITB itu. Gambar detail kota-kota seluruh dunia akan sampai di komputer dalam waktu 24 jam. Dan tagihan ke kartu kredit datang satu bulan kemudian. Tak ada yang bisa melarang dan tak ada yang bisa melacak.

Tentara Indonesia bisa memiliki gambar hasil citra satelit Aceh dengan resolusi tinggi. Namun, mereka harus punya kartu kredit untuk membayar.

Sumber : gatra.com


Garmin Rilis GPS Oregon dengan Kamera 3.2 Megapixel


Garmin merilis dua GPS handheld sekaligus yaitu Oregon 550 dan Oregon 550t. Kedua GPS ini memiliki fitur layar sentuh dan dilengkapi dengan kamera 3.2 megapixel.
Dengan fitur kamera autofocus dengan 4x digital zoom tersebut, secara otomatis setiap photo yang diambil akan memiliki informasi lokasi atau disebut juga dengan Geotag atau Geocode. Jadi user tidak perlu di repotkan dengan proses geotagging via software di komputer. Fitur lainnya, 850MB of internal storage dan USB connectivity, body yang tahan air serta kemampuan untuk menyimpan waypoint dengan jumlah data yang besar.


Garmin Oregon 550T sudah termasuk dengan US topographical maps sementara Oregon 550 terdapat peta dunia. Baca lebih lanjut tentang rilis keduaGPS handheld dari Garmin tersebut di blog Daily Gadgets pada postingan Garmin Releases Oregon 550 And Oregon 550t with 3.2 MP camera.